Gambar gerakan senam lantai

Kedua tangan diputar ke belakang sampai menyentuh matras sebagai tumpuan. Silahkan perhatikan gambar gerakan lompat jongkok berikut ini 3. Gerakan Kombinasi Lompat Jongkok dan Guling ke Depan Gerakan selanjutnya adalah gerakan kombinasi, yaitu gerakan lompat jongkok dan guling ke depan.

Guling ke belakang Backward Roll Cara melakukan guling belakang yang benar adalah sebagai berikut: Kemudian tekuklah sedikit kedua kaki lutut dan siku, sementara kepala dilipat ke belakang seperti mendongak. Sentuhkan bahu ke matras dan bergulinglah ke depan.

Diakhir gerakan guling ke depan tangan lurus ke depan lalu berdiri. Setelah latihan ini berhasil dilakukan, tingkat kesulitannya ditambah, yakni pada posisi tersebut-misalnya kaki kiri menjadi tumpuan dan kaki kanan diangkat lurus ke depan-kaki kiri kemudian ditekuk dan diturunkan perlahan hingga posisi jongkok tanpa merubah posisi tubuh yang tegap lurus dan kaki yang terlentang lurus ke depan lalu kemudian diangkat perlahan hingga posisi semula.

Posisi awal adalah jongkok dengan kedua kaki rapat dan tumit sedikit diangkat. Penempatan tangan terlalu jauh kebelakang, tidak bisa menolak Keseimbangan tubuh kurang baik saat mengguling kebelakang, hal ini disebabkan karena sikap tubuh kurang bulat Salah satu tangan yang menumpu kurang bulat, atau bukan telapak tangan yang digunakan untuk menumpu diatas matras.

Macam Macam Senam Lantai dan Gerakannya

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan kayang yaitu: Setelah kaki melewati peti lompat, luruskan badan dan rapatkan tungkai sebelum mendarat.

Bergulinglah ke belakang dengan menjatuhkan bokong ke belakang. Jika diperhatikan maka posisi kedua telapak tangan dan kepala yang menyentuh lantai akan membentuk sudut segitiga sama kaki. Peraturan Senam Lantai Dalam senam lantai, peraturannya sangat sederhana, yakni atlet tidak boleh keluar arena sebelum penampilannya selesai.

Manfaat dari gerakan kayang adalah untuk meningkatkan kelentukan bahu,bukan kelentukan pinggang.

Gerakan - Gerakan Dalam Senam Lantai Disertai Gambar

Lompat Kangkang Latihan yang satu ini membutuhkan alat bantu berupa peti atau kotak kayu yang nantinya akan dilompati saat melakukan gerakan ini. Hal yang harus diperhatikan a.

Banyak sekali variasi gerakan dalam senam lantai, dari yang tingkat kesulitannya rendah, sampai yang butuh latihan bertahun-tahun untuk menguasainya.

Pembantu memberikan bantuan dengan cara berdiri di belakang orang yang melakukan gerakan meroda. Cara melakukan gerakan kayang sebagai berikut:Senam Lantai - Artikel ini menyajikan berbagai informasi terlengkap mengenai olahraga senam lantai yang akan dibahas dalam 18 point pembahasan.

Ke-delapan belas point tersebut mulai dari pengertian senam lantai, sejarah, gerakan, jenis-jenis, manfaat dan Author: Indah Kurniasari.

Senam Lantai [Lengkap] : Pengertian, Sejarah, Gerakan, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Senam lantai dapat dilakukan di luar ruangan walaupun lebih umum di dalam ruangan. Sebelum mulai latihan, pastikan Anda berada dalam kondisi fisik yang prima karena banyak gerakan dalam senam lantai yang menuntut kekuatan tangan dan kaki sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendian.

Sebelum membahas gerakan - gerakannya perlu diketahui senam lantai ini di Indonesia secara Nasional olahraga senam dipertandingkan sejak Pekan Olahraga Nasional (PON) ke VII di Surabaya pada tahun Lumayan lama umurnya di negeri tercinta robadarocker.com: Masrozakdotcom.

· Macam-Macam Gerakan Senam Lantai Adalah sebagai berikut: 1. Guling ke depan (Forward Roll) Guling depan adalah guling yang dilakukan ke depan. Adapun langkah-langkah untuk melakukan guling ke depan: Berdiri tegak, kedua tangan lurus di samping badan. Angkat kedua tangan ke depan, bungkukkan badan, letakkan kedua telapak tangan di atas matras.5/5.

· Senam Lantai (Flour Exercise) adalah satu bagian dari cabang Senam, yang gerakan-gerakannya dilakukan di atas lantai (Matras) atau Permadani. Senam ini disebut juga senam bebas karena Pesenam tidak menggunakan alat bantu selain lantai (matras) dengan ukuran 12 x 12 meter atau menggunakan matras dengan lebar 1 meter dan panjang sesuai kebutuhan untuk menjaga keamanan.

Senam lantai (flour exercise) adalah satu bagian dari rumpun senam, sesuai dengan denga istilah Lantai, maka gerakan-gerakan senam yang dilakukan di atas yang beralasan matras atau permadani atau sering juga disebut dengan istilah latihan bebas,sebab pada waktu melakukan gerakan atau robadarocker.com: Danang S.A.

Macam-macam Gerakan Pada Senam Lantai
Gambar gerakan senam lantai
Rated 5/5 based on 3 review