Diet penyakit lambung pdf

Lemak susu mengandung asam lemak rantai sedang dan pendek yang cenderung mengalami esterifikasi pada posisi sn Gastritis akut erosif: Makanan Berbentuk lunak, diberikan 6 kali sehari dalam porsi kecil. Karena sel desquamosa lebih kuat maka elastisitasnya juga berkurang.

Karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan peregangan di lambung yang akhirnya dapat meningkatkan asam lambung. Panas lambung merupakan faktor penting untuk mencairkan massa lemak yang berasal dari makanan dan proses emulsifikasinya terjadidengan bantuan kontraksi peristaltik.

Makanan ini mengandung diet penyakit lambung pdf. Makanan berbebtuk lunak, porsi kecil serta diberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan kali makanan selingan.

Lapisan lambung memecah lemak menjadi asam lemak untuk merangsang sekresi getah lambung Bahan makanan. Helicobacter pilori masuk kedalam lapisan mukosa antrum dan melekat kuat pada permukaan epitel.

Organisme ini menyerang sel permukaan gaster, memperberat timbulnya desquamasi sel dan muncullah respon radang kronis pada gaster yaitu: Antrum pylorus Merupakan bagian lambung yang berbentuk tabung dan mempunyai otot yang tebal membentuk sfincter pylorus.

Makanan diberikan setiap 3 jam selama hari saja karena membosankan serta kurang energi, zat besi, tiamin, dan vitamin C. Asam garam HCl mengasamkan makanan sebagai antiseptik dan desinfektan yang masuk ke dalam makanan.

Edisi 3. Helicobacter pylori merupakan bakteri gram negatif. Penghancuran makanan dilakukan dengan dua cara: Antrum pylorus merupakan muara distal yang berlanjut ke duodenum.

Makanan ini cukup kalori dan semua zat gizi. Gangguan pencernaan dan absorpsi dapat terjadi pada proses menelan, mengosongkan lambung, absorpsi zat-zat gizi, dan proses buang air besar defekasi. Walaupun pencernaan lemak di lambung sangat terbatas karena proses emulsifikasi lemak tidak terjadi di lambung.

Penyakit-penyakit saluran cerna yang terjadi antara lain stenosis esofagus, gastritis akut atau kronik, hematenesis —melena, ulkus peptikum, sindroma dumping, hemoroid, diare dan kostipasi. Makanan diberikan dalam bentuk saring dan merupakan perpindahan dari Diet pasca hematemesis-melena, atau setelah fase akut teratasi.

Pengertian Lambung Lambung merupakan sebuah kantung muskuler yang letaknya antara esophagus dan usus halus, sebelah kiri abdomen di bawah diafragma. Syarat diet ini adalah mudah dicerna, porsi makanan kecil dan diberikan sering, protein cukup untuk mengganti jaringan yang rusak, serta makanan secara berangsur harus memenuhi kebutuhan gizi normal.

Diet Lambung I, diberikan kepada pasien ulkus peptikum akut, ulkus peptikum dengan perdarahan, esofagitis, gastritis akut, dan tifus abdominalis berat. Neopasma ialah kumpulan sel abnormal yang terbentuk oleh sel-sel yang tumbuh terus-menerus secara tak terbatas, tidak terkoordinasi dengan jaringan sekitarnya dan tidak berguna bagi tubuh.

Infark pada dinding lambung karena asam lambung.

DIIT PADA PENYAKIT LAMBUNG

Enzimini aktif memecah protein dalam bolus menjadi proteosa danpepton yang mempunyai ukuran molekul lebih kecil. Konsumsi rendah serat berdasarkan syarat diet penyakit lambung bertujuan untuk memcepat pengosongan lambung. Padahal tujuan diet penyakit lambung adalah untuk memberikan makanan dan cairan secukupnya yang tidak memberatkan lambung dan mencegah dan menetralkan sekresi asam lambung yang berlebihan.

Makanan saring banyak mengandung air sehingga proses pencernaannya lebih mudah dan tidak membutuhkan kontraksi lambung yang kuat sehingga kerja lambung menjadi tidak berat. H pylori dapat berkolonisasi di duodenum dan memicu kerusakan lebih lanjut serta ulserasi.

Makalah Diet Lambung

Lambung merupakan saluran yang dapat mengembang karena adanya gerakan peristaltik, tekanan organ lain, dan postur tubuh. Kondisi fisiologis seseorang berpengaruh pada munculnya ulkus lambung.GAMBARAN UMUM —– Penyakit lambung atau gastrointestinal meliputi gastritis akut dan kronik, ulkus peptikum, pasca operasi lambung yang sering diikuti dengan ”dumping sindrome” dan kanker lambung.

· diet penyakit lambung Indikasi: Diberikan kepada penderita tukak lambung (sakit maag). Dapat juga diberikan pada penderita radang lambung (gastritis), diare. DIET PENYAKIT LAMBUNG.

DIET PENYAKIT LAMBUNG

DIET PENYAKIT LAMBUNG 1. PATOFISIOLOGI PENYAKIT LAMBUNG ATAU GASTROINTESTINAL. Menurut Almatsier (), saluran cerna adalah system yang sangat kompleks dan merupakan saluran yang berfungsi untuk mencerna makanan, mengabsorbsi zat gizi dan mengeksresi sisa-sisa pencernaan.

Diet Penyakit Lambung

· Diet lambung II diberikan sebagai perpindahan dari diet lambung I, kepada pasien dengan ulkus pektikum atau gastritis kronis dan tifus abdominalis ringan. Makanan berbentuk lunak, porsi keci serta deberikan berupa 3 kali makanan lengkap dan 2 – 3 kali makanan selingan.

Makanan ini cukup energy, protein, vitamin C, tetapi kurang tiamin. · Tujuan diet pada penyakit lambung adalah memberikan makanan adekuat (cukup), tidak merangsang, dapat mengurangi pengeluaran cairan lambung, dan menetralkan kelebihan asam lambung.

Syarat diet ini adalah mudah dicerna, porsi makanan kecil dan diberikan sering, protein cukup untuk mengganti jaringan yang rusak, serta makanan secara berangsur harus memenuhi kebutuhan.

Pengaturan Makanan Diet lambung dapat juga diberikan kepada pasien dengan gangguan saluran cerna seperti radang lambung (gastritis) radang oesopagus, radang usus besar, thypus abdominalis, dan setelah operasi saluran cerna.

Diet penyakit lambung pdf
Rated 3/5 based on 69 review