Asuhan keperawatan pada bayi dengan berat badan lahir rendah

Kelainan pembuluh darah, hemangioma insersi tali pusat yang tidak normal, uterus bicornis, infak plasenta, tranfusi dari kembar yang satu kekembar yang lain, sebagian plasenta lepas 3.

Kala II: Kurangnya kemampuan untuk mencerna makanan. Sistem pernapasan Lebih pendek masa gestasi maka semakin kurang perkembangan paru- paru pada bayi dengan berat gr. Penting dipertahikan agar zat tersebut betul-betul dapat digunakan hanya untuk tumbuh, tidak dipakai untuk melawan infeksi.

Minum sangat diperlukan BBLR, selain untuk pertumbuhan juga harus ada cadangan kalori untuk mengejar ketinggalan beratnya. Dalam kondisi seperti ini diperlukan pembersihan jalan napas segera setelah lahir aspirasi lendirdibaringkan pada posisi miring, merangsang pernapasan dengan menepuk atau menjentik tumit.

Terhadap Ibu Gizi kurang pada ibu hamil dapat menyebabkan risiko dan komplikasi pada ibu antara lain: Selama setahun stadium ini bayi bisa menjadi buta jika diberikan oksigen dalam konsentrasi yang tinggi untuk waktu yang lama.

Asuhan Keperawatan pada Klien dengan Berat Badan Lahir Rendah

Resiko tinggi kekurangan volume cairan berhubungan dengan usia dan berat badan extreme premature, dibawah 2. Kelembaban inkubator berkisar antara 50 — 60 persen. Masalah yang mengancam pada BBLR dan BBLSR adalah resiko kehilangan panas dan ir yang relative lebih besar karena permukaan tubuh reltif luas, jaringan lemak subkutan lebih tipis, sehingga resiko kehilangan panas melalui kulit dan kekurangan cadangan energi lebih besar.

Bayi dalam inkubator hanya dipakaikan popok. Perototan usus yang lemah mengarah pada timbulnya distensi dan retensi bahan yang dicerna. Rasional 1. Hal ini dapat berkaitan dengan paritas, jarak kelahiran, kadar hemoglobin dan pemanfaatan pelayanan antenatal. Risiko kematian maternal, angka prematuritas, berat badan bayi lahir rendah, dan angka kematian perinatal meningkat.

Lingkar dada kurang dari 30 cm.

Laporan Pendahuluan Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) NANDA NIC NOC pdf

Dismature Dismatur IUGR adalah bayi lahir dengan berat badan kurang dari berat badan seharusnya untuk masa kehamilan dikarenakan mengalami gangguan pertumbuhan dalam kandungan. Hal ini dapat diterangkan bahwa pada setiap kehamilan yang disusul dengan persalinan akan menyebabkan perubahan-perubahan pada uterus.

Bayi BBLSR mempunyai insiden perumahsakitan kembali yang lebih tinggi selama tahun pertama kehidupan, jika dibanding dengan bayi yang lebih besar, sebagai akibat dari hernia inguinalis, infeksi, pengobatan sisa akibat prematuritas dan gangguan perawatan. Pekerjaan yang melelahkan, merokok 5. Hal ini disebabkan beberapa hal: ASI juga dapat dikeluaekan dan diberikan pada bayi yang tidak cukup mengisap.

Pengaruh paritas terhadap risiko kejadian BBLR Paritas adalah jumlah anak yang telah dilahirkan oleh seorang ibu baik lahir hidup maupun lahir mati. Pernapasan -Fungsi pengaturan pernapasan belum sempurna -Surfaktan paru-paru masih kurang, sehingga perkembangannya tidak sempurna -Otot pernapasan dan tulang iga lemah -Dapat disertai penyakit: Pola nutrisi Yang perlu dikaji pada bayi dengan BBLR gangguan absorbsi gastrointentinal, muntah aspirasi, kelemahan menghisap sehingga perlu diberikan cairan parentral atau personde sesuai dengan kondisi bayi untuk mencukupi kebutuhan elektrolit, cairan, kalori dan juga untuk mengkoreksi dehidrasi, asidosis metabolik, hipoglikemi disamping untuk pemberian obat intravena.

Perdarahan dalam otak -Pembuluh darah bayi BBLR masih rapuh dan mudah pecah -Sering mengalami gangguan pernapasan, sehingga memudahkan terjadinya perdarahan dalam otak -Perdarahan dalam otak memperburuk keadaan dan menyebabkan kematian bayi -Pemberian O2 belum mampu diatur sehingga mempermudah terjadi perdarahan dan nekrosis.

Penggunaan alcohol local dan berbagai anti mikroba yang membantu mencegah kolonisasi. Mencegah infeksi dengan ketat. Jadi baik tidaknya keadaan sosial ekonomi suatu tempat dapat dilihat dari tinggi rendahnya angka kematian bayi AKB. Beberapa penyakit yang berhubungan dengan prematuritas: Jilid I.

Hampir semua lemak, glikogen, dan mineral, seperti zat besi, kalsium, fosfor dan seng dideposit selama 8 minggu terakhir kehamilan. Sistem urinarius Pada saat lahir fungsi ginjal perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan, fungsi ginjal kurang efisien dengan adanya angka filtrasi glomerolus yang menurun, klirens urea dan bahan terlarut yang rendah.

Kerentanan terhadapa infeksi disebabkan oleh kadar imunoglobulinserum pada bayi BBLR masih rendah, aktifitas bakterisidal neotrofil, efek sitotoksik limfosit juga masih rendah dan fungsi imun belum berpengalaman.

Asuhan Keperawatan Pada Bayi Berat Lahir Rendah

Dari segi biologis, wanita pada umur muda kurang dari 20 tahun memiliki perkembangan organ-organ reproduksi yang belum matang. Setelah minggu ke mulai terdapat perbedaan antara pertumbuhan janin laki-laki dan perempuan. Tekanan menurun dengan menurunya berat badan. Potensial untuk kehilangn panas akibat permukaan tubuh dibanding dengan BB dan sedikitnya jaringan lemak di bawah kulit.

Belum matangnya fungsi mekanis dari saluran pencernaan. Alat ini berguna untuk mengurangi kehilangan panas karena radiasi. Orang tua tidak bertanya-tanya lagi.6/12/ · Bayi berat badan lahir rendah adalah bayi dengan berat badan kurang dari gram pada waktu lahir.

Kongres Kedokteran Perinatologi Eropa Ke-2,mendefinisikan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) adalah bayi yang dilahirkan dengan berat badan lahir £ gr dan Author: Putri UDM. ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN BERAT BADAN LAHIR RENDAH A.

PENGERTIANBerat badan lahir rendah adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang. SejakWHO telah mengganti istilah premature baby dengan low weight baby (Bayi dengan berat badan lahir rendah= BBLR).

Karena disadari tidak semua bayi dengan.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Bayi dengan berat badan lahir rendah dapat merupakan hasil dari umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang normal, ASUHAN KEPERAWATAN PADA robadarocker.com: Doni Ice. Asuhan Keperawatan BBLR (Berat Badan Lahir Pada pengkajian tanggal bayi waktu lahir gram dengan AFGAR SCORE (Berat Badan Lahir Rendah).

Asuhan keperawatan pada bayi dengan berat badan lahir rendah
Rated 3/5 based on 1 review